Mahasiswa Fakultas Teknik UNS menangkan lomba Start Up (uns.ac.id)

Bikin Siaga Air Bersih, Tiga Mahasiswa Solo Diganjar Rp150 Juta

Mahasiswasolo.com, SOLO – Tiga mahasiswa Fakultas Teknis (FT) UNS Solo meraih juara satu dalam kompetisi startup TOP Generation Challenge. Mereka mendapat juara tersebut karena berhasil menciptakan aplikasi Siaga Air Bersih (SIAB).

Dikutip dari uns.ac.id, ketiga mahasiswa berprestasi itu adalah Ratih Rachmatika, Sifa’us Wulaning Arsri, dan Muhammad Imam. SIAB berawal dari keresahan melihat banjir di Sungai Bengawan Solo menyebabkan air keruh. Hal itu diperparah dengan pengecekan kualitas air masih manual.

Ketiga mahasiswa tersebut berinisiatif untuk menciptakan alat yang mencari jawaban dua permasalahan tersebut. Ratih menjelaskan, SIAB merupakan aplikasi yang mampu memantau kualitas dan distribusi secara online dan real time berbasis Internet of Things (IoT).

SIAB terdiri dari dua fitur yaitu SIAB monitoring dan SIAB distribusi. SIAB monitorinig berdungsi untuk memonitor kualitas air secara online. Sedangkan SIAB distribusi yang terdiri dari sensor flow meter untuk mengetahui grafik debit, volume air, dan mendeteksi kebocoran pipa, serta menghitung biaya konsumsi air sehari-hari.

Data yang diperoleh diunggah ke server melalui konektivitas Wifi. Pengguna dapat memantau melalui aplikasi smartphone.

Berkat kreasinya, Ratih, Sifa’us, dan Imam menjarai Top Generation Challenge yang diselenggarakan di Jakarta 14 Desember 2017 lalu. Mereka berhasil menyisihkan 1300 proposal dari seluruh Indonesia dan masuk sebagai lima finalis untuk kategori startup dan pre-startup.

Ratih dan kawan-kawan meraih juara satu dan mendapat hadiah uang binaan senilai Rp150 juta. “Ke depannya kami akan melakukan pengembangan recycle secara digital, packaging produk yang lebih ringkas, dan mendistribusikan alat ini ke daerah yang kerap mengalami krisis air bersih. Kami juga akan bekerja sama dengan sector industry dan pengembangan big data dengan NBIot (Narrow Bands-Internet of Things),” jelas Ratih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *