Bocah-bocah SD mengikuti kegiatan RCI

Rumah Cerdas Indonesia Ajak Anak-Anak Kenali Dolanan Tradisional

Pada hari Minggu (29/10) yang cerah itu Rumah Cerdas Indonesia (RCI) mencoba mengenalkan kepada anak-anak di wilayah kampung Kedungtungkul, Mojosongo, Jebres, Solo tentang salah satu permainan tradisional di Indonesia. Permainan yang diperkenalkan kepada anak-anak adalah gobak sodor.

Permainan ini merupakan permainan grup yang biasanya beranggotakan 4-5 orang dalam satu grup. Cara bermainnya cukup sederhana, yakni menghadang lawan agar tidak lolos melewati garis terakhir secara bolak-balik. Untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.

Bocah-bocah SD asyik bermain Gobak Sodor
Bocah-bocah SD asyik bermain Gobak Sodor

Kegiatan ini dilakukan karena keprihatinan atas semakin ditinggalkannya permainan tradisional oleh anak-anak sekarang. Padahal jika dicermati lebih dalam, permainan tradisional atau yang kita kenal dengan dolanan anak merupakan salah satu bentuk warisan budaya yang patut dipertahankan dan diwariskan kepada generasi berikutnya.

Kemajuan zaman telah membawa orang larut dalam arus modernisasi tak terkecuali termasuk anak-anak. Anak-anak sekarang lebih suka bermain permainan modern dibandingkan dengan permainan tradisional, bahkan sebagian anak-anak sekarang tidak mngenal sama sekali berbagai macam permainan warisan budaya.

Rumah Cerdas Indonesia merupakan sebuah Komunitas Pendampingan Pendidikan Anak (KPPA). Komunitas tersebut terbentuk pada 29 Januari 2017. RCI bermarkas di Keduntungkul RT05/07, Mojosongo, Jebres, Solo. Dalam kegiatannya RCI berfokus pada pendampingan terhadap anak-anak untuk mengembangkan softskill, minat, dan bakat.

Kegiatan RCI biasanya dilakukan mulai hari Jumat – Minggu pukul 16.00 WIB. Sejauh ini target RCi masih anak-anak SD. Sebagai kegiatan sosial swadaya, RCI menyambut baik dukungan dalam bentuk apapun. Untuk mendukung kegiatan RCI, maka kami memberikan kesempatan untuk berdonasi dengan cara hubungi 085702062392.

Kami tunggu partisipasi anda.

Salam hangat,

Direktur RCI
Baharuddin Usudullah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *